Skip to content

BAB 5 Implikasi Etis dari Teknologi Informasi

December 16, 2012

BAB 5 Implikasi Etis dari Teknologi Informasi

Pendahuluan
Sekarang terdapat perhatian yang lebih besar pada etika dalam pengguna computer daripada sebelumnya. Masyarakat secara umum memberikan perhatian terutama keran kesadaran bahwa computer dapat menggunakan hak individu atas privacy. Dalam dunia bisnis, salah satu aladan utama perhatian tersebut adalah pembajakan perangkat lunak yang menggerogoti pendapatan penjual perangkat lunak hingga miliyaran dolar setahun. 
pada bab ini akan dipelajari dampak social dari computer dalam konteks etika, yaitu bagaimana computer seharusnya diterapkan untuk kebakan masyarakat. Mula-Mula kita akan mengidentifikasikan apa yang dimaksud dengan perilaku moral , etika dan hokum serta menjelaskan mengapa etika sangat penting dalam hal bisnis. 
Etika mempengaruhi bagaimana para spesialis informasi melaksanakan tugasnya. Adalah tanggung jawab CIO untuk mencapai etika dalam system yang dibuat dan orang-orang yang membuatnya. Untuk memenhnuhi tanggung jawab ini CIO dapat mengikuti suatu tretegi yang terencana baik. 
Moral, Etika dan Hukum
saat kita menjalani hidup sehari-hari, kita diarahkan oleh banyak pengaruh. Sebagai warga masyarakat yang berkesadaran social, kita ingin melakukan apa yang benar secara moral , etis dan menurut hokum. 
Apakah moral? 
moral adalah tadisi kepercayaan mengenai perilaku benar dan salah. Moral adalh intitusi sosila dengn sejarah dan daftar peraturan. Kita mula pelajari peraturan-peraturaan dari perilaku moral sejak anak-anak.” Lihat sebelum emnyebrang jalan” “jangan menarik rambut saudarimu “ “ selalu mengucakan trima kasih” saat kita tumbh dan matang secara fisik dan mental. Kita mempelajari pertaturan-peraturan yang masyarakat harapkan untuk kita ikuti. Peraturan-peraturan tingkh laku ini adalah moral kita.
Apakh Etika itu?
tindakan kita juga dirahkan oleh etika (ethics). Kata ethic berakr dari bahasa yunni ethis., yang berrti karakter. Etika adlh satu set kepercyaan. Standar tu pemikiran yang mengisi individu , kelomok dan masyarakat. Semua individu bertanggung jawab pada masyarakat atas perilaku mereka. Masyarakat dapat berupa kota, Negara atau profesi. Masyarakt bertindak sebagai “ otoritas lebih tinggi” yang melksanakan harapan pada kita. 
Tidak seperti moral. Etika dapat sangt berbed dari suatu masyarakat ke masyarakata kain. Kita melihat perbedaan ini dibidang kompuetr dalam bentuk perangkat lunak bajakan- perangkat lunak yang digandakan secara illegal lalu digunakan atu dijual. Pada tahun 1990, dierkirakan bahwa pembajakan perangkat lunak mengakibatkan penjualan perangkat lunak AS kehilangan pendaatan tahunan dari $40 miliyar.
Angka-angkat tersebut menujukan bahwa para pemakai computer di cina, jepang dan thailan kurang etis daripada pemaki d amerika serikat. Namun tidak asti demikian. Beberapa kebudayaan, terutama dinegra-negara timur, mengajurkan sikap berbagai. Suatu peatah cina mengtakan “ Orang yang bernagi patut dihargai; orang yang tidak berbagi patut dicerca”. System nilai ini bantu menjelaskan perbedaan dalam praktek bisnis antr budaya timur dan barat seperti pembajakan perangkat lunak. 
Apakah Hukum?
pertanyaan ini lebih mudah di jawab driooada pertanyaan sebelumnya, karena hokum adalh perturan perilaku formal yang diaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah, pada rakyat warga negarnya. Lingkungan hokum pengguna kompuetr jauh lebih baik sekarang, tetapi masih jauh dari idel. Kasus kejahatan pertma komuter pda tahun 1966, saat programaer suatu bank membuat program yang tidak dapat menujukan bahwa pengambilan dari rekeningnya telah melampaui saldovrekening tersebut. Ia dapat menulis cek walaupun tidak ada uang lagi direkeningnya. Penipuan ini berlangsung hingga kompuetr tersebut rusak. Programer tersebut dituntut melakukan kejahatan kmputer, Karen peraturn hukumnya belum ada. Sebaliknya ia dituntut membat entry palsu dicatatan bank. Ia menerima hukuman yang ditangguhkn dan dua thun percobaan. Kriminal computer lain dituntut berdasarkan UU federal sebagai pelaku peniuan surat dan pencurian milk pemerintah. 
 Peraturan computer AS dimuali thun 1960-an dengan Freedom of information Act of 1966, yang memberikan hk bagi warga Negara dan organisasi-orgnisasi untuk memasuki data yang disimpan pemerinth federl dengan beberapa perkecualian. Pada tahun 1970-an terdapat penambahan UU, dalam bentuk Fair Credit Reporting Act 1970, dan Right to federal privcy Act of 1978, yang membatasi pemertintah federal dalam memeriksa catatan bank. Tahun 1988 dibuat UU lain yang bertujuan untuk membatasi pemrintah federal, yaitu Computer Maching and Privacy Act of 1988, yang membatasi pemerintah federal dalam mencocokan file-file computer utuk menguji keabsahan program-program pemerintah atau mengidentifikasi peghutangan. Tahun 1984, kongres AS menambah cegkeraman eraturan kompuetr dengan menyetujui tiga UU feder yang khusus diterapkan pada kejahatan computer.
The small Business computer security and educationa Act menetapkan The small Business computer security and education advisor council, yang membrikan saran pada kongres mengenai masalah-masalah yang berkaitan dengan kejahatan komuetr terhadap usaha kecil. Dewan ini mengevaluasi efeksivitas UU pidana federal dn Negara bagian dalam mencegah dan menuntut kejahatan computer, mengevaluasi efektivitas teknologi yang tersedia bagi usaha kecil untuk meningktkan keamana kompuetr, dan mengembangkan panduan yang membantu usaha kecil dan mengevaluasi keamanan system computer mereka. 
– The Counterfeit Acces Device and Computer fraud and abuse menetapkan bahwa seseorang yang mendapatkan akses ke informasi yang berakaitan dengan pertahana nasional dan hubungan luar negri tanpa otoritas merupakan pelanggaran. UU ini juga menyatakan bahwa upaya mendapatkan akses tanpa otoritas computer yang dilindungi oleh Right to financial privacy act atau fair credit repotrng Act,dan menyalahgunakan informasi yang terdapat dalam computer pemerintah federal sebagai suatu pelanggaran.

–  The Trademark Countryfeiting Act menetapkan sejumlah denda bagi orang atau organisasi yanh memperdagangkan perangkat keras atau perangkat lunak tiruan, yaitu yang mirip atau identik dengan yang terdaftar di US patent and trademark office. Bagi individu, dendanya dapat mencapai $250.00 dan lima thun penjara. Bagi perusahaan, dendana mencapai satu juta dolar.

    Bertahun-tahun sebelumnya, pemerintah federal telah menetapkan the electronic communications privacy of 1968. Namun UU ini hanya mencakup komunkasi suara.pada tahun 1986 UU ini direvisi sehingga mencakup komunikasi digital, data dan video. UU tahun 1986 ini jug memiliki bagian khusus mengenai electronic mail.
Mendapatkan moral, Etika dan Hukum dala perpektif
kita dapat melihat bahwa pengguna computer dalam bisnis diarahkan oleh nilai-nilai moral, etika dan para manajer, spesialis informasi dan pemakai, dan juga kukum yang berlaku. Hokum paling mudah diiterpretiskan Karena bentuk tertulis. Diihak lain, etika tidak didefinisikan secara persis dan tidk disepakati oleh semua anggota masyarakat. Bidang yang sukar dari etika computer inilah yang sedang memperleh banyak perhatian, dan merupakan focus bab ini selanjutnya.
Etika dalam bisnis AS
Etika bisnis AS Didasarkan pada tiga keyakinan dasar – etik protestan, etika persaingn bebas dan survival of the fittest dalam dasat kompetitif.
Etika Protestan
Benjamin Franklin dapat dianggap sebagai pemberi justufukasi etis atas efeiensi dan laba dengan perkataannya “Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi membuat seorang sehat, mekmur dan bijaksna”. Pandagan yang dikenal sebagai etika protestasn mendorong kerja kers untuk menghailkan uang.
Etika Persaingan bebas
Etika persaingan bebas ( free enterprise ethics) didasarkn opada teori para ahli ekonomi seperti Adam Smith, yang mengnjurkan kpatilalisme-faire atau kebebasan berusaha berfungi tanpa campur tangan pemerintah. Teori menganggap bahwa tindakan pengusaha untuk mengejar kepentingan diri sendiri dapat diterima. Dasar teori ini adalah keyakinan bahwa mementingkn diri sendiri tidak merugikan masyarakat.
Survival of the fittets
Dalam system Peraingan bebas, tidak dapat dihindari bahwa sebagian perusahaan akan menjadi pemenang dan sebagian lagi akan kalah. “Survival of the fittets” ( yang kuat yang bertahan) dapat diterima asalkan perusaahaan bersing ecara wajar. Alasannya, persingan bekerja sebagai proses seleksi untuk mengangkas perusahaan-perusahaan yang member kontribusi paling sedikit pada kebaikn social.
Karena itu keberadaan bisnis untuk kenikmatan masyarakat. Masyarakat menetpkan batas-batas operasi bisnis daalam bentuk undang-undang, tetapi pemilik dan pekerja memiliki cukup kebebasan. Masyarakat mengharapkan binis operasi secara etis sehingga tidak menyalahgunakan kebebasan tersebut. 

Perlunya Budaya Etika
Dalam pembahsana kualitas di BAB 4 disadari perlunya manajemen tingkst puncak menetpkan kualitas budaya yang menyeluruh diperusahaan. Budaya ini memperlihatkan bahwa manajemen bersungguh-sungguh mengenai kulitas dn bersedia menyediakan semua dukungan yng diperlukan untuk melaksanakan program –program yang berkaitan.etika juga memerlukan dukungan san pengaturan serupa. 
Dalam bisnis, banyak orang berpendapat bahwa satu perushaan mencerminkan kepribadian pemimpinnya. Suatu penelitian atas perusahaan-perusahaan raksasa mendukung pendapat ini. Pengaruh colonel John Patterson pada Nasional Cash Register, atau pengaruh Thomas J. Watson Sr. pada IBM selama paruh pertama abad ini membentuk kepribadian perusahaan-perusahaan seperti federal express, Southwest Airlens dan Wendy’s berpengaruh sedekimian rupa pada orgnisasai mereka sehnggga masyarakat cenderung memndang perusahaan-perusahaan tersebut sebagai CE itu sendiri. Hubungan antar CEO denan perusahaan merupakan dasar budayya etika. Jika perusahaan harus ets, maka manajemen puncak harus etis dalam semua tindakan dan kata-katanya. Manajemen puncak memimpin dengan membei contoh. Perilaku ini adalah budaya etika. 
Bagaimana Budaya etika diterpakan
Tugas manajemen puncak adalah memastikanbahwa konsep etika menyebar diseluruh organisasi, melalui semua tingkatan dan menyentuh semua pegawai. 
Corprote Credo 
Crorprote Credo adalah pernyataan ringkasan mengenai nilai-nilai yang ditegagkan diperusahaan. Tujuan credo ini adalah menginformasikan orang-orang dan organisasi-organisasi baik didalam maupun diluar perusahaan. Manajemen security pacific menadari bahwa bisnis mereka dibangun atas komitmen, baink internal maupun eksternal. Komitmen internal mencakup (1) komitmen prusahaanna ada karyawannya (2) komitmen karyawan pada perusahaan (3) komitmen karyawan pada karyawan lain. Komitmen eksternal mencakup komitmen perusahaan pada (1) pelanggan (2) pemegang saham (3) masyarakat.
 Program Etika
Program etika adalah suatu yang terdiri dari berbagai aktivitas yang dirancang untuk mengarahkan pegawai dalam melaksanakan corprote cred. Suatu contoh aktivitas adalah pertemuan orientasi yang dilaksanakan bagi pegawai baru.  Sebagian perusahaan bahkan meminta pegawai barunya untuk mendatangani pernyataan bahwa mereka telah menerima pengrahan demikian. 
Conroh lain dari program lainnya adalah audit etika, seeperti yang dipraktekan oleh Dow Corning. Dalam audit etika, seseorang audit internasional mengadakan pertemuan dengn seseorang manajer dalam beberapa jam untuk memeljri bagaimnana unit manajer tersebut melaksanakan corprote credo. Contohnya auditor bertanya pada manajer penjualan “ Pernahkah kita terjadi kehilangan bisnis karena tiadak memberikan hadaiah pada petugas pembelian?”
Kode etik Khusus perusahaan banyak perusahaan telah merancang kode etik perusahaan mereka sendiri. Kadang-kadang kode ini diadaptasi dari kode etik industry tertentu. Nanti ada bab ini akan dipelajari kode etik untuk profesi system informasi.
Kode etik khusus perusahaan sangat popular. Diperkirakan lebih dari 90% perusahaan-perusahaan yagn masuk daftar fortune 500 memilikinya. Sebagian perusahaan menemukan bahwa unit-unit organisainya memerlukan suatu kode khusus tersendiri. Misalnya, pemasarn mungkin memiliki kode tersendiri yang disesuaikan dengan aktivitas pemasaran.
IBM’s Business Conduct Guidelines ( panduan perilaku bisnis IBM) meripakan contoh kode etik yang disesuaikan dengan aktivitas pemasaran. Pegawai diingatkan untuk memerlukan semua orng secara wajar, tidak membuat komentar yang merendahkan pesaing, tidak terlibat dalam spionase industry, dan sebagainya. Panduan ini telah berlaku selama lebih dari 30 tahun.
      Menempatkan Credo, Program dank ode etik perusahaan dalam Perspektif
Patrick Murphy, seorang professor pemasaran di University of Notre Dame, yakin bahwa cara yang baik untuk menempatkan cntoh-contoh budaya etik dalam persepktif adalah dengan menyamakannya dengan agama Kristen. Corprote credo dapat disamakan dengan sepuluh perintah, dan program-program etika dapat disamakan dengan kebaktian greja dank ode etik perusahaan dapat disamakan dengan alkitb. Manajemen perusahaan menggunakan hal ini untuk mendorong budaya etika yang perlu diikuti perusahaan dan pegawainya dalam berhubungan satu sama lain dan berhubungan dengan elemen-elemen dilingkungan perusahaan.
      Etika jasa dan informasi
saat anda membaca literature komuter, terlihat bahwa masyarkat merasa bahwa profesi komuter tertinggal dari profesi lain dalam komitmennya pada praktek-praktek yang etis. Masyrakat mengetahui bahwa computer mengganggu privacy dan perangkat lunak dibajak, jadi asti ada seuatu yang salah. Pandnan umum saat ini adalah bisnis perlu lebih berkomitmen pada etika computer.
Apakah etika computer 
James H.Moor, professor di Darmouth mendefinisikan efitka computer sebagai analisis mengenai sifat dan dampak social teknologi kompuetr, serta formulasi dan justifikasi untuk menggunakan teknologi tersebut secara eti. 
Karena itu etika computer terdiri dri aktivitas utama dan manajer yang paling bertanggung jawab atas aktvitas tersebut adalah CIO. CIO harus (1) waspada dan sadar bagimana komuter mempengaruhi masyarakat, dan (2) karena itu harus berbuat sesuatu dengan memformulasikan kebijakan-kebijakan yang memastikan bahwa teknologi tersebut digunakan secara tepat.
Namun ada satu hal yang sangat penting : bukan hanya CIO sendiri yang bertanggung jawab atas etika computer. Para manajer puncak lain juga bertanggung jawab. Keterlibatan seluruh perusahan merupakan keharusn mutlak dalam dunia end-user comuting saat inim semua manajer disemua are bertanggung jawab atas pengguna computer yang etis didaerah mereka. Dan selain manajer, setiap pegawai bertanggung jawab atas aktivitas mereka yang berhubungan dengan computer.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment